Jelaskan Hubungan Antara Pola Persebaran Flora Dan Fauna Terhadap Bioma​

jelaskan hubungan antara pola persebaran flora dan fauna terhadap bioma​

Jawaban:

Keberadaan makhluk hidup di muka bumi ini tidak merata sehingga persebaran flora dan fauna juga berpengaruh terhadap bioma, seperti contohnya: -Pohon kelapa tumbuh di daerah iklim tropik

Penjelasan:

Maaf kalau salah, semoga membantu :)

jelaskan hubungan antara pola persebaran flora dan fauna terhadap bioma

Faktor Klimatik


Iklim terdiri atas suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, angin, dan intensitas sinar matahari. Perbedaan temperatur pada suatu wilayah dipengaruhi oleh letak lintang (latitude) selatan dan utara dan ketinggian suatu tempat. Perbedaan tersebut menyebabkan variasi tumbuhan pula. Teori ini dibuktikan oleh seorang ilmuwan biologi lingkungan, sekitar tahun 1889 yang bernama C. Hert Meeriem. Ia meneliti model penyebaran tumbuhan berdasarkan pada variasi ketinggian Gunung San Fransisco dari kaki gunung hingga ke puncak gunung. Model tersebut ternyata sejalan dengan pola penyebaran tumbuhan dari garis tropik ekuator hingga ke arah utara atau pun selatan. Jadi, distribusi jenis flora dari daerah yang paling panas ke daerah yang paling dingin ternyata menyerupai distribusi flora dari pantai hingga ke puncak gunung. Artinya, urutan bioma (ekosistem dunia) dari ekuator (khatulistiwa) ke kutub sama dengan urutan ekosistem dari pantai sampai ke puncak gunung.


Faktor Edafik


Jenis tanah erat kaitannya dengan kesuburan tanah di tempat yang bersangkutan. Jenis tanah di berbagai tempat berbeda-beda, bergantung pada faktor bahan asal tanah, iklim, serta vegetasi. Hal ini menyebabkan tingkat kesuburan di berbagai tempat juga berbeda, sehingga terhadi penyebaran flora dan fauna di seluruh dunia.

Faktor Fisiografik


Daratan yang ada di seluruh permukaan bumi mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Daratan bisa berupa daratan rendah, pantai, dataran tinggi, serta pegunungan. Makin tinggi relief daratan suatu tempat, maka suhu udaranya makin dingin. Pada daerah-daerah berelief tinggi yang bersuhu dingin, jenis flora dan fauna yang ada sangat terbatas.


Faktor Biologis


Dalam biosfer selalu terjadi hubungan yang saling memengaruhi antara sesama makhluk hidup yang disebut interaksi. Terutama manusia dengan budayanya, merupakan faktor biologis yang paling berpengaruh dalam biosfer. Manusia dengan budayanya mampu memengaruhi lingkungan biosfer di sekitarnya. Misalnya, manusia yang selalu berupaya memperbaiki jenis serta penyebaran flora dan fauna. Namun, tidak semua bentuk interaksi antarfaktor biologis dalam biosfer bersifat memperbaiki (konstruktif), sebab ada pula yang bersifat merusak (destruktif) atau gabungan dari keduanya.


     Dari berbagai pengaruh faktor-faktor di atas menjadikan wilayah Indonesia merupakan salah satu wilayah dari tiga negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Dua negara lainnya, yaitu Brazil dan Zaire. Akan tetapi dibandingkan Brazil dan Zaire, Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya, yaitu di samping memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi,


Hewan-hewan di Indonesia memiliki tipe oriental (Kawasan Barat Indonesia) dan Australia (Kawasan Timur Indonesia) serta peralihan. Hewan-hewan di bagian Barat Indonesia (oriental) yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Banyak spesies mamalia yang berukuran besar, misalnya gajah, banteng, harimau, badak. Mamalia berkantung jumlahnya sedikit, bahkan hampir tidak ada.Terdapat berbagai macam kera, misalnya bekantan, tarsius, orang utan.Terdapat hewan endemik, seperti badak bercula satu, binturong (Aretictis binturang), monyet (Presbytis thomasi), tarsius (Tarsius bancanus), kukang (Nyeticebus coucang).Burung-burung memiliki warna bulu yang kurang menarik, tetapi dapat berkicau. Burung-burung yang endemik, misalnya jalak bali (Leucopsar nothschili), elang jawa, murai mengkilat (Myophoneus melurunus), elang putih (Mycrohyerax latifrons).

     Jenis-jenis hewan di Indonesia bagian timur, yaitu Irian, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, relatif sama dengan Australia. Hewan-hewan di bagian Timur Indonesia memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1) Mamalia berukuran kecil

2) Banyak hewan berkantung

3) Tidak terdapat species kera

4) Jenis-jenis burung memiliki warna yang beragam

semoga bermanfaat

jelaskan hubungan antara persebaran flora dan fauna terhadap bioma

Jelaskan hubungan antara persebaran flora dan fauna terhadap bioma!

Jawaban

Pendahuluan  

Hai adik-adik, kali ini saya akan membantu menjawab pertanyaan tentang “Jelaskan hubungan antara persebaran flora dan fauna terhadap bioma!” Disimak jawabannya berikut ini ya...

Bioma merupakan suatu wilayah yang terdiri dari ekosistem besar dan luas dan terdapat flora dan fauna yang khas. Bioma terbentuk akibat adanya perbedaan letak geografis, iklim, intensitas matahari dan curah hujan. Persebaran flora dan fauna memiliki hubungan yang sangat erat dengan bioma. Karakteristik bioma sangat mempengaruhi jenis flora dan fauna yang dapat hidup. Jenis flora dan fauna yang dapat hidup dan tersebar pada suatu bioma adalah flora dan fauna yang mampu beradaptasi dengan kondisi bioma tersebut.  


Pembahasan

Sebagai contoh bioma gurun memiliki ciri-ciri meliputi: wilayahnya didominasi batu atau pasir, memiliki curah hujan sangat rendah, intensitas panas matahari sangat tinggi, dan tingkat penguapan tinggi. Flora dan fauna yang dapat hidup di gurun adalah yang mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut yakni tumbuhan kaktus dan kurma serta hewan unta. Flora dan fauna yang tidak dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut tidak akan ditemukan di bioma tersebut karena tidak dapat bertahan hidup.  

1. Bioma Gurun

Ciri-ciri bioma gurun antara lain: 1) kondisi cuaca sangat ekstrim dimana udara sangat panas pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari; 2) penguapan sangat tinggi; 3) curah hujan sangat rendah; dan 4) kelembapan tanah sangat rendah. Dengan kondisi ini flora yang dapat hidup adalah lumut, kaktus, dan kurma sedangkan faunanya adalah unta.


2. Bioma Sabana

Ciri-ciri bioma sabana antara lain: 1) terdapat di sekitar kawasan khatulistiwa; 2) Curah hujan sedang; 3) Kelembapan udara agak kering; 4) Kandungan air tanah memadai. Flora yang hidup di bioma sabana adalah padang rumput, Ekaliptus, Baobab sedangkan faunanya antara lain zebra, kuda dsb.

3. Bioma Stepa

Ciri-ciri bioma stepa antara lain: 1) curah hujan tidak teratur; 2) suhu udara siang hari cukup panas dan malam hari sangat dingin; 3) memiliki kelembapan udara rendah; 4) tanahnya berupa tanah tandus yang tidak mampu menyimpan air. Flora yang hidup di bioma ini adalah sebagian besar padang rumput, pohon akasia, semak belukar. Fauna yang dapat hidup antara lain kanguru, singa, ruda, dan kerbau.


4. Bioma Hutan Hujan Tropis

Ciri-ciri bioma ini antara lain: 1) curah hujan cenderung tinggi; 2) Mendapat sinar matahari sepanjang tahun; 3) mempunyai iklim yang mikro. Faunanya sangat beragaram diantaranya kupu-kupu,capung, ulat kaki seribu, kera, kasuari, badak, buaya, katak, burung kasuari, burung merak, dan lain-lain. Floranya pohon jati, pohon mahoni, berbagai jenis rumput, bunga Raflesia, dan sebagainya.


5. Bioma Taiga

Ciri-ciri bioma taiga antara lain: 1) berada pada iklim subtropis; 2) perbedaan suhu saat musim panas dan musim dingin sangat signifikan; 3) penguapan sangat rendah, lingkungan lembab; 4) tanahnya mengandung asam. Flora yang hidup di bioma taiga adalah pohon pinus, pohon cemara, dan tumbuhan konifer lainnya. Faunanya adalah tupai, beruang hitam, serigala, rusa kutub, dan lain-lain.


6. Bioma Tundra

Ciri-ciri bioma taiga antara lain: 1) daerah dataran tanpa pohon; 2) wilayahnya sebagian besar tertutup es; 3) curah hujan sangat rendah; 4) kecepatan angin sangat tinggi. Fauna di dioma tundra  antara lain penguin, beruang kutub, rubah, paus narwhal. Floranya adalah rumput teki, semak salik, bentula, lumut, dan alga.


Kesimpulan

Jadi kseimpulannya Karakteristik bioma sangat mempengaruhi jenis flora dan fauna yang dapat hidup.  


Pelajari lebih lanjut

Itu jawaban dari saya. Oh iya adik-adik juga dapat membaca “Sebutkan dan jelaskan karakteristik bioma!” di sini ya https://brainly.co.id/tugas/11918469


Baca juga ya “Sebutkan ciri ciri bioma padang rumput” di sini ya https://brainly.co.id/tugas/11918469


Atau baca  juga “Apa pengaruh iklim terhadap persebaran flora dan fauna?” https://brainly.co.id/tugas/601803” di sini ya  


Semangat belajarnya adik-adik!


----------------------------------------

Detil Jawaban


Kelas           :  XI

Pelajaran    :  Geografi

Kategori     :  Bab 2 – Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Kata Kunci  :  Bioma, flora, fauna, persebaran

Kode           :  11.8.2002



Jelaskan hubungan antara persebaran flora dan fauna terhadap bioma

Sistem bioma merupakan salah satu cara mempelajari persebaran bebagai jenis tumbuhan. Sistem bioma menekankan pada dinamika komonitasyang hubungan dengan iklim dan faktor lingkungan lainya. Selain memperhatikan sejarah evaluasi geologinya. Biom-bioma dipermukaan bumi dapat dibedakan menjadi 7 kelompok, yaitu bioma gurun, padang rumput, sabana, hutan gugur, taiga, dan tundra.

a.Bioma Gurun
Daerah gurun dicirikan oleh curhan hujan yang sangat rendah, yaitu kurang dari 250 mm per tahun dan intensitas panas Matahari yang tinggi. Di daerah ini umumnya terdiri atas batu atau pasir dengan tumbuhan yang jarang. dup di gurunpada umumnya mempunyai daun yang kecil seperti duri dan mepunyai akar yang panjang.dan mampu menyimpan air ditempat yang dalam.Vegetasi yang dapat hidup didaerah gurun adalah Kaktus, semak-semak akasia, dan pohon-pohon tamar ( kurma ).dan hewan yang tedapat didaerah gurun adalah belalang dan sebagainya hewan sejenis pengaret, contohnya hamter dan gerbil.

b.Bioma hutan basah ( hutan hujan tropis )
Hatan basah terdapat di daerah troppika meliputi Amerika Selatan, Semenangjung Amerika Tengah, Afrika, Madagaskar, Australia bagian utara,indonesia, dan Malaysia. Didaerah hutan basah ini terdapat berbagi macam jenis Tumbuhan. Berbagai tumbuhan ini dapat hidup antara lain jenis tumbuhan,sepanjang tahun mendapat sinar Matahari yang cukup, air yang cukup, curah hujan diatas 2.000 mm per tahun,dan keadaan alamnya memungkinkan tumbuhan berbagai jenis tanaman.Adapun pohon-pohon memiliki tinggi 20-40 m, cbang-cabang pohonan berdaun lebat dan lebar serta selalu hijau. Hewan yang hidup di bioma hutan trupis umumnya adalah hewan yang hidup di pohon dan berbagai jenis primata.Diantara primata hujan tropis dalam jumlah yang besar adalah avenom,monyet dan gorila.

c.Bioma tundra
Tundra merupakan daerah kutup yang tidak di tumbuhi oleh perpohonan. Hanya lumut yang dapat tumbuh di daerah tundra. Daerah tundra dapat di jumpaidi se keliling lingkaran Arktik dan pulau-pulau kecil dekat Antartik.Daerah ini mempunyai musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang sehingga bersuhu 23,5 LU/LS. Oleh karena itu, musim tumbuh tanaman sabgat pendek, yaitu 30 sampai 129 hari per tahun.dan beberapa jenis tumbuhan khas yang hidup di daerah tundra antara lain rusa, kelinci salju, rubah, dan hewan pengerat. Burung-burung yang terdapat didaerah itu antar lain elang, bebek angsa, dan burung hantu.


d. Padang Rumput
Daerah padang rumput ini terbentang dari daerah tropika samapai ke daerah subtropika. Curah hujan pada umumnya antara 250-500 mm per tahun. Hujan yang tidak teratur dan porositas yang rendah mengakibatkan tumbuhan sulit untuk mengambil air. Tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan seperti ini adalah rumput. Daerah padang rumput yang relative basah, seperti yanf terdapat di Amerika Utara, rumputnya dapat mencapai tiga meter, misalnya rumput-rumput bluestem dan Indian grasses. Sedangkan daerah padang rumput yang kering mempunyai rumput yang pendek. Contohnya adalah rumput buffalo grasses dan rumput grama.
Padang rumput terdiri dari beberapa macam seperti berikut :
>. Tundra terdapat di daerah bersuhu dingin bercurah hujan rendah. Jenis tumbuhan yang ada adalah rumput-rumput kerdil
>. Praire(padang rumput) terdapat di daerah dengan curah hujan yang berimbang bengan musim panas. Rumput di praire lebih tinggi di bandingkan dengan rumput tundra.
>. Stepa terdapat di derah dengan cuarah hujan tinggi. Daerah stepa umumnya terdiri dari rumput-rumput pendek dan diselingi oleh semak belukar.
>. Sabana berupa rumput-rumput tinggi diselingi semak belukar dan pohon-pohon tinggi. Tumbuhan yang bias tahan hidup di daerah sabana adalah jenis tumbuhan yang tahan terhadap kelembaban rendah.


e. Hutan Gugur
Di daerah yang beriklim sedang, selain terdapat banyak padang rumput dan kadang-kadang ada gurun, Di hutan gugur, jarak antara pohon-pohonya tidak terlalu padat dan jumlah spesiesnya sedikit, yaitu antara 10-20 spesies.
f. Taiga
Taiga adalah huatan pohon pinus yang daunnya seperti jarum. Pohon-pohon yang terdapat di hutan taiga misalnya konifera, terutam pohon picia, alder (alnus), birch(betula), dan juniper (juniperus). Daerah ini merupakan bioma yang hanya terdiri dari satu spesies pohon. Taiga kebanyakan terdapat di belahan bumi utara ( Siberia Utara, Rusia, Ameriaka Tengah dan Utara), dengan masa pertumbuhan pada musim panas berlangsung antara 3 sampai 6 bulan.

apa hubungan pola persebaran flora dan fauna terhadap bioma

Jawaban:

karakteristik bioma sangat mempengaruhi jenis flora dan fauna yg dapat hidup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu