Arti Istilah Lenong, Ludruk, Ketoprak, Pantomim, Teater

Arti istilah lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater

Pengertian dari lenong yaitu pertunjukan sandiwara dengan iringan gambang keromong, lenong merupakan kesenian khas di Jakarta.

  • Pelajari juga tentang pengertian lenong lainnya, baca di https://brainly.co.id/tugas/109520

Pembahasan

Lenong, ludruk, ketoprak, pantomim dan teater semuanya termasuk ke dalam seni pertunjukan. Setiap seni pertunjukan tersebut memiliki pengertian, yaitu

  1. Lenong adalah pertunjukan sandiwara dengan iringan gambang keromong, lenong merupakan kesenian khas di Jakarta.
  2. Ludruk adalah kesenian rakyat Jawa Timur berbentuk sandiwara yang dipertontonkan dengan menari dan menyanyi.
  3. Ketoprak adalah sandiwara tradisional Jawa, biasanya memainkan cerita lama dengan iringan musik gamelan, disertai tari - tarian dan tembang.
  4. Pantomim adalah pertunjukan drama tanpa kata - kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah. Biasanya diiringi dengan musik, sulap, partisipasi penonton, topik aktual, tarian, dan adegan - adegan transformasi.
  5. Teater adalah pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi, teater biasanya ditampilkan secara berkelompok.

  • Pelajari juga tentang pengertian ludruk lainnya, baca di https://brainly.co.id/tugas/1786775
  • Pelajari juga tentang pengertian ketoprak lainnya, baca di https://brainly.co.id/tugas/21941124

Detail Jawaban

Kelas          : IX

Mapel         : Bahasa Indonesia

Bab            : Bab 10 - Drama

Kode          : 9.1.10

#AyoBelajar

artikan pula istilah istilah berikut, lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater

lenong: drama yang bersifat humor berasal dari betawi yang diiringi musik gamelan
pantomim :drama yang di pentaskan tanpa kata dengan ekspresi dan gerak
ludruk:sandiwara dari jatim dengantarian dan nyanyian
teater: gedung untuk bersandiwara


arti istilah istilah lenong,ludruk,ketoprak,pantomim,teater​

Penjelasan:

1)Lenong merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang berasal dari masyarakakat Betawi dan daerah DKI Jakarta.Kesenian ini menggunakan iringan musik bernama gambang kromong yang terdiri dari sukong,kongahyan,tehyan,kreckan,suling,kempor,kendang,gong,kromong,dan gambang.

2)Ludruk merupakan sebuah seni pertunjukan yang berasal dari Provinsi Jawa Timur.Seni pertunjukan ini biasanya mengusung cerita yang berangkat dari kehidupan sehari hari dan diiringi senda gurau.

3)Ketoprak merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang berasal dari wilayah Surakarta maupun Yogyakarta.

4)Pantomim merupakan sebuah seni pertunjukan modern yang berasal dari wilayah Barat dan ditampilkan tanpa menggunakan suara alias bisu dengan bantuan gerakan tubuh.

5)Teater merupakan sebuah seni pertunjukan yang mencakup pengertian luas.Dengan kata lain,seluruh seni pertunjukan dapat dikategorikan sebagai seni teater.

Semoga bermanfaat:)

Jadikan jawabanku yg terbaik yaa:v

Artikan pula istilah-istilah lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater

Jawaban:

1. Lenong, lenong merupakan kesenian khas dari Betawi. Para pemain dari pertunjukan lenong akan membawakan sebuah sandiwara. Adapun yang menjadi ciri khas dari pertujunjukan lenong adalah musik pengiringnya yang menggunakan gambang kromong.

2. Ludruk, ludruk merupakan kesenian khas dari Jawa Timur. Seperti halnya pertunjukan lenong, kesenian ludruk juga membawakan sebuah sandiwara. Ciri khas dari Ludruk adalah adanya unsur menari dan menyanyi di dalamnya.

3. Ketoprak, setelah lenong dan ludruk. Istilah selanjutnya adalah ketoprak, ketoprak merupakan seni sandiwara yang berasal dari Jawa. Sandiwara yang dibawakan berasal dari cerita lama, biasanya cerita pewayangan. Iringan musik dan lagu jawa menjadi ciri khas kesenian ketoprak.

4. Pantonim, istilah yang keempat adalah Pantonim. Berbeda dengan kesenian-kesenian yang sudah kita bahas diatas, pada pantonim tidak disertai dengan musik, bahkan pemain pantonim tidak bersuara. Namun dalam beberapa pertunjukan iringan musik digunakan untuk memperjelas situasi yang dibawakan oleh pemain pantonim. Ciri khas dari Pantonim adalah mereka mengandalkan ekspresi wajah dan gestur tubuh mereka untuk memainkan sandiwara mereka.

5. Teater, istilah terakhir yang akan kita bahas adalah teater. Teater merupakan tempat dimana suatu pertunjukan diadakan.  

Penjelasan:

Artikan istilah istilah lenong ,ludruk,ketoprak,pantomim,teater

  • Lenong, adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang berasal dari Jakarta dan dibawakan dengan menggunakan dialek Betawi.
  • Ludruk, adalah sebuah drama tradisional yang diperankan oleh sebuah grup kesenian dan digelar di atas panggung dengan mengusung cerita bertemakan kehidupan masyarakat sehari-hari, kisah perjuangan, dan sebagainya serta disisipi dengan lawakan dan diiringi musik berupa gamelan.
  • Ketoprak, adalah seni pentas drama atau teater tradisional yang yang sering disebut dengan ketoprak Mataram dan diyakini berasal dari Surakarta namun dapat ditemui di daerah Yogyakarta, Surakarta, serta berbagai daerah di Jawa Tengah,
  • Pantonim, dalam bahasa Latin artinya meniru segala sesuatu adalah suatu pertunjukan teater yang menggunakan isyarat, mimik wajah, dan gerakan tubuh dalam menyampaikan pesan. Seni tersebut sudah dikenal sejak zaman Romawi Kuno,
  • Seni teater, adalah salah satu jenis kesenian yang memperagakan dan memerankan tokoh dan aktivitas di atas panggung sebagai sebuah pertunjukkan. Jenis seni ini dikenal juga dengan aktif yang menyampaikan komunikasi melalui dialog, gerakan tubuh, serta mimik wajah.

Pembahasan

Kesenian tradisional adalah kesenian yang sudah melekat dan menjadi identitas dalam suatu golongan, suku, atau bangsa tertentu. Kesenian tradisional dapat berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Kesenian artinya adalah cara manusia mengungkapkan emosi, jiwa, dan perasaannya ke dalam hasil karya buatannya menjadi sebuah keindahan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang arti istilah lenong, ludruk, ketoprak, pantonim, dan teater https://brainly.co.id/tugas/14584320
  2. Materi tentang pengertian teater https://brainly.co.id/tugas/1590382
  3. Materi tentang pengertian kesenian https://brainly.co.id/tugas/30281625

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Drama

Kode: 9.1.10


#AyoBelajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu