^'jelaskan Pengertian Elektron Dan Sebutkan Sifat-sifatnya!

^'jelaskan pengertian elektron dan sebutkan sifat-sifatnya!

Elektron adalah partikel subatomik bermuatan negatif.Elektron bisa bersifat
bebas (tidak melekat pada atom),atau terikat pada inti atom.Elektron dalam atom berbentuk pola dengan berbagai jari-jari,mewakili tingkat energi
berbeda.Semakin besar bola,semakin tinggi energi yang terkandung dalam elektron.
Pada benda yang bersifat konduktor,secara umum arus berasal dari pergerakan elektron dari satu atom ke atom lain secara individu,dari kutub negatif ke kutub listrik positif.Pada benda semikonduktor, arus juga terjadi sebagai akibat pergerakan elektron.Namun dalam beberapa kasus,lebih mudah untuk mendeskripsikan arus sebagai kurangnya elektron pada atom-atom.Atom yang kekurangan elektron disebut "lubang" dan lubang "bergerak" dari kutub positif ke kutub negatif.

jelaskan pengertian elektron dan sebutkan sifat-sifatnya?

Elektron adalah partikel penyusun atom yang memiliki ciri:

  1. Memiliki muatan negatif dengan besar muatan relatif -1  
  2. Memiliki massa relatif 1/2000 massa neutron atau proton
  3. Berada di lapisan kulit atom

Pembahasan:

Proton, elektron, dan neutron adalah tiga partikel penyusun atom. Proton dan neutron menyusun inti atom, sementara elektorn mengitari inti atom ini dalam orbit di sekelilingnya.

1. Proton  

Proton bermuatan positif, sebesar +1,6 x 10⁻¹⁹ coloumb, atau sebesar +1 dalam satuan muatan relatif.  

Proton memiliki massa sebesar 1,673 ×10⁻²⁷ kg. Nilai ini biasanya dianggap sama dengan nilai 1 dalam satuan massa relatif atom.  

Jumlah Proton pada suatu atom dinyatatakan dalam “Nomor” atom dalam sebuah unsur. Misalnya Hidrogen memiliki 1 proton dan nomor atom 1, Helium memiliki 2 proton dan nomor atom 2, Lithium memiliki 3 proton dan nomor atom 3, dan seterusnya.

2. Neutron  

Neutron adalah partikel penyusun inti atom yang tidak memiliki muatan, dan memiliki massa sebesar 1,675 ×10⁻²⁷ kg. Proton dan neutron memiliki massa hampir sama. Proton dan neutron menyusun inti atom, dan dilekatkan dengan energi pengikat inti atom (nuclear binding energy).  

Pada unsur dengan energi pengikat rendah, proton dan neutron bisa terlepas menghasilkan radiasi elektromagnetik. Unsur-unsur ini disebut unsur radioaktif, seperti uranium dan plutonium.

3. Elektron

Elektron adalah partikel penyusun bagian luar atom yang bermuatan negatif, sebesar -1,6 x 10⁻¹⁹ coloumb, atau sebesar -1 dalam satuan muatan relatif.

Elektron memiliki massa sebesar 9,1 ×10⁻³¹ kg. Massa elektron jauh lebih kecil dari kedua partikel lainya. Bila dibandingkan, massa proton dan neutron adalah sekitar 2000 kali lebih berat dari massa elektron.

Karena massa elektron sangat kecil, maka praktis suatu atom massanya hanya terdiri dari massa proton dan neutron saja.

Elektron terletak pada lapisan kulit atom, yang terletak di bagian luar atom di sekitar inti atom.  

Pelajari lebih lanjut:

Bagaimana proses pembentukan minyak bumi??

https://brainly.co.id/tugas/460004

Detail Jawaban      

Kode: 10.7.1  

Kelas: X  

Mata pelajaran: Kimia    

Materi: Bab 2 - Struktur Atom  

Kata kunci: Proton, elektron, dan neutron


Jelaskan pengertian elektron dan sebutkan sifat-sifatnya

Elektron adalah partikel subatom yang bermuatan negatif, Sama seperti semua materi, elektron memiliki sifat bak partikel maupun bak gelombang (dualitas gelombang-partikel), sehingga ia dapat bertumbukan dengan partikel lain dan berdifraksi seperti cahaya.

jelaskan pengertian elektron dan sebutkan sifat sifatnya

Elektron adalah partikel penyusun bagian luar pada kulit atom yang bermuatan negatif. Ciri-ciri atom adalah:

  1. Memiliki muatan negatif sebesar relatif -1  
  2. Memiliki massa sangat kecil dengan massa relatif 1/2000 massa neutron atau proton
  3. Berada di lapisan kulit atom.

Pembahasan

Elektron adalah partikel penyusun bagian luar atom yang bermuatan negatif, sebesar -1,6 x 10⁻¹⁹ coloumb, atau sebesar -1 dalam satuan muatan relatif.

Elektron memiliki massa sebesar 9,1 ×10⁻³¹ kg. Massa elektron jauh lebih kecil dari kedua partikel proton dan neutron. Bila dibandingkan, massa proton dan neutron adalah sekitar 2000 kali lebih berat dari massa elektron.

Sir Joseph John Thomson (1856-1940) adalah seorang fisikawan Inggris, yang berjasa dalam penemuan Elektron dengan percobaan sinar katoda pada tabung hampa.

Karena massa elektron sangat kecil, maka praktis suatu atom massanya hanya terdiri dari massa proton dan neutron saja.

Elektron terletak pada lapisan kulit atom, yang terletak di bagian luar atom di sekitar inti atom.  

Adanya atau tidak adanya kelebihan elektron dalam suatu benda bertanggung jawab atas semua fenomena listrik. Misalkan kawat logam dihubungkan ke dua ujung baterai. Perbedaan muatan listrik dari bagian baterai membuat elektron dalam atom-atom mengalir. Aliran elektron ini menyebabkan arus listrik.

Pelajari lebih lanjut:

Partikel dasar atom yang tidak bermuatan dan mempunyai massa hampir sama dengan massa proton ditemukan melalui percobaan …  

https://brainly.co.id/tugas/23474327

Detail Jawaban    

Kode: 10.7.1  

Kelas: X  

Mata pelajaran: Kimia    

Materi: Bab 2 - Struktur Atom  

Kata kunci: Elektron  


jelaskan pengertian elektron dan sebutkan sifat-sifatnya!

elektron merupakan partikel yang bermuatan negatif. Elektron  mmiliki massa 9.11 * 10 x ^{-31} kg. Elektron tdk memiliki substruktur apapun y di ketahui shingga ia di percaya sbgi partikel elementer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu