Daerah Permukaan Bumi Manakah Yang Dapat Mengalami Turunnya Salju?

daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turunnya salju?

Daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turunnya salju adalah:

  1. Daerah pegunungan (daerah beriklim alpen)
  2. Daerah yang dekat dengan kutub (daerah beriklim taiga tundra, dan temperata)

Pembahasan:

Salju adalah uap air yang membentuk kristal di awan pada kondisi udara dingin. Salju biasa terbentuk di daerah yang beriklim dingin. Secara umum daerah beriklim dingin ini adalah:

Wilayah Tudra

Tundra adalah ekosistem yang terletak di daerah sangat dingin, yaitu di dekat Kutub Utara (di wilayah di atas 70 derajat Lintang Utara). Akibatnya hampir tidak ada tanaman yang berkembang di daerah ini.  

Organisme autotrof yang mendominasi wilayah ini adalah lumut kerak (lichen) yang hidup di bebatuan dan menguraikan bebatuan ini. Lichen ini merupakan makanan pokok dari hewan yang hidup di tundra, seperti reindeer (rusa kutub) dan karibu. Hewan pemangsa yang hidup di tundra antara lain adalah serigala kutub dan beruang kutub.

Iklim Tundra terdapat di benua Eropa di Finlandia, Swedia, Norwegia dan Russia bagian utara, dan di benua Amerika di Alaska (negara bagian Ameika Serikat), Kanada dan Greenland (wilayah seberang lautan Denmark).

Wilayah Taiga

Taiga adalah daerah beriklim dingin dengan hutan yang didominasi konifer (pinus) dan tanaman daerah dingin lain. Taiga terletak di selatan tundra, dan berbeda dengan tundra karena memiliki pepohonan yang lebat.

Wilaah Iklim Temperata

Iklim temperata atau iklim sedang adalah wilayah dengan 4 musim dalam setahu, Musim Dingin, Semi, Panas dan Gugur. Pada iklim temperata salju turun pada musim dingin yang berlangsung dari bulan Desember-Februari (di belahan Bumi utara) atau bulan Juni-Agustus (belahan Bumi selatan).

Wilayah beriklim sedang termasuk sebagian besar benua Eropa, benua Asia di China utara, Korea dan Jepang serta di Asutralia selatan dan Selandia Baru.

Wilayah Pegunungan beriklim Alpen

Tundra alpine terdapat di puncak pegunungan di atas ketinggian dimana pohon tidak bisa hidup, yang disebut garis pohon. Ketinggian ini membuat udara menjadi dingin, dan salju dapat turun. apda daerah sangat tinggi, seperti di Pegunungan Himalaya yang mencapai lebih dari 8000mdpl, terdapat salju abadi.

------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut:

Ciri-ciri adaptasi haiwan di kawasan tundra

https://brainly.co.id/tugas/21200103

Detail Jawaban    

Kode: 6.10.3

Kelas: VI

Mata Pelajaran: Geografi  

Materi: Bab 3 - Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Benua-Benua di Dunia

Kata Kunci: Salju dan Iklim


menurutmu daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turun ya salju​

daerah bagian sebelah utara

daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turunnya salju?​

bagian utara dan bagian selatan

menurutmu,daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turunnya salju?

Daerah permukaan bumi yang mengalami turan salju adalah bumi bagian Utara.

Menurutmu daerah permukaan bumi manakah yang dapat mengalami turunnya salju ?

Daerah pegunungan (daerah beriklim alpen) Daerah yang dekat dengan kutub (daerah beriklim taiga tundra, dan temperata)

Daerah bumi yang dapat turun salju mayoritas di belahan bumi utara karena cenderung kurang mendapat cahaya matahari setiap tahunnya. Namun ada juga belahan bumi selatan yang kadang2 juga turun salju..

Sedangkan untuk daerah khatulistiwa yang mendapat cukup sinar matahari setiap tahunnya dapat dipastikan tidak ada turun salju ( kecuali salju buatan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu