Mengapa Istilah Sejarah Diambil Dari Kata Syajaratun?​

mengapa istilah sejarah diambil dari kata syajaratun?​

Di Indonesia sejarah dapat berarti silsilah, asal-usul, riwayat, dan jika dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, dan daun. Di dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah. ... Itulah mengapa sejarah diambil dari bahasa Arab yang diartikan sebagai syajaratun.

mengapa istilah 'sejarah' di ambil dari kata syajaratun​

Jawaban:

artinya pohon. Pohon yang mempunyai makna keturunan, asal usul, atau silsilah.

mengapa istilah "sejarah" diambil dari kata syajaratun​

Penjelasan:

Di Indonesia sejarah dapat berarti silsilah, asal-usul, riwayat, dan jika dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, dan daun. Di dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah. ... Itulah mengapa sejarah diambil dari bahasa Arab yang diartikan sebagai syajaratun.

mengapa istilah sejarah diambil dari kata syajaratun

karena syajaratun ada arti

Mengapa istilah sejarah di ambil dari kata syajaratun?

Istilah sejarah di ambil dari kata syajaratun adalah yang berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu simbol kehidupan. Di dalam pohon terdapat bagian-bagian seperti batang, ranting, daun, akar, dan buah. Bagian-bagian dari pohon itu memiliki hubungan yang saling terkait dan membentuk pohon tersebut menjadi hidup. Ada dinamika yang bersifat aktif, tidak pasif. Dinamika ini terus-menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang di mana kehidupan itu ada. Dengan adanya lambang pohon itu, dapat menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan.


Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers...!!! Sekarang kita akan membahas sejarah.  

Selamat belajar...!!!  


1. Pengertian

Sejarah adalah suatu cabang ilmu yang melakukan kajian secara sistematis mengenai seluruh perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat yang terjai di masa lalu.

2. 3 aspek dalam sejarah yang saling melengkapi adalah  

a. Masa Lalu, adalah gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Dengan gambaran masa yang lalu maka generasi berikutnya akan dapat merumuskan hubungan antara sebab dan akibat terjadinya peristiwa. Dan tidak semua kejadian atau peristiwa dapat tercatat di dalam sejarah.

b. Masa Kini, adalah masa dimana manusia mengalami masa yang terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Manusia di masa kini menggunakan sumber pemahaman dari peristiwa di masa lalu sebagai sebuah cerminan kehidupan yang bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

c. Masa Depan, adalah masa yang akan datang dimana segala sesuatu itu belum terjadi, dan segala sesuatu yang dilakukan pada masa kini akan mempengaruhi masa depan.

3. Ruang Lingkup Sejarah  

a. Konsep Sejarah

Konsep sejarah adalah bentuk kemampuan suatu logika dalam menciptakan gambaran baru bersifat abstrak yang berdasarkan kajian. Beberapa hal yang termasuk dalam konsep sejarah adalah:

• Sejarah sebagai peristiwa, adalah kajian tentang suat kejadian, kenyataan, atau aktualisasi sejarah yang terjadi di masa lalu.  

• Sejarah sebagai kisah, adalah narasi yang menjelaskan tentang cerita yang berdasarkan ingatan, tafsiran, atau kesan manusia.

• Sejarah sebagai ilmu, adalah mempelajari sejarah dengan melakukan penelitian dan kajian terhadap cerita tentang sejarah.

• Sejarah sebagai seni, adalah sebuah proses penulisan sejarah yang memerlukan suatu gaya bahasa, imajinasi, intuisi, dan emosi.  

b. Unsur-Unsur Sejarah

• Ruang, adalah unsur sejarah yang berkaitan dengan tempat terjadinya suatu kejadian atau peristiwa yang menjadi sebuah bukti sejarah yang nyata.

• Waktu, adalah unsur sejarah yang berkaitan dengan waktu terjadinya suatu kejadian atau peristiwa bersejarah dan dapat menjelaskan sebuah kronologis dalam kajian sejarah.

• Manusia, adalah unsur terpenting dalam sejarah karena setiap kejadian atau peristiwa sejarah sangat berkaitan dengan manusia.  

c. Kaitan Sejarah Dengan Ilmu

• Persamaan sejarah dengan ilmu pengetahuan, keduanya terdapat kandungan dasar teori dan metode yang di dalam prosesnya berdasarkan pengamatan, pengalaman, dan penyerapan.

• Perbedaan sejarah dengan ilmu pengetahuan, sejarah terikat oleh tempat, waktu, dan kekhususan. Dan ilmu pengetahuan tidak terikat oleh tempat, waktu, dan kekhususan.



Pelajari Lebih Lanjut

1. Kajian tentang contoh sumber sejarah sekunder bisa coba cek https://brainly.co.id/tugas/3195325

2. Kajian tentang pengertian sejarah bisa coba cek https://brainly.co.id/tugas/684902

3. Kajian tentang Pengertian sejarah secara negatif dan pengertian sejarah secara positif menurut pendapat Prof. Dr. Koentowijoyo bisa coba cek https://brainly.co.id/tugas/16676739



Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Sejarah

Bab 1 : Cara Berpikir Sejarah

Kode : 10.3.2001

Kata Kunci : Sejarah, Syajaratun, Masa Lalu, Masa Kini, Masa Depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu