9. Dalam Bidang Pendidikan, Pemerintah Jepang Berusaha Menghapus Diskriminasi. Langkah Tersebut Dilakukan Dengan Cara....
9. Dalam bidang pendidikan, pemerintah Jepang berusaha menghapus diskriminasi. Langkah tersebut dilakukan dengan cara....
A. menghapus sistem penarikan di seluruh tingkat pendidikan
B. menyediakan guru-guru sekolah yang mahir berbahasa Indonesia dan Jepang
C. menyeragmkan pendidikan tingkat dasar di Indonesia
D. mewajibkan setiap anak untuk mengikuti sistem wajib belajar selama 9 tahun
E. mendirikan sekolah dan lembaga pengajaran informal hingga pedesaan✔
10. Pada masa pendudukan Jepang rakyat diwajibkan menyerahkan sebagian hasil panen kepada pemerintah Jepang. Jepang menetapkan bahwa rakyat Indonesia hanya boleh memiliki 40% dari hasil panen merek sendiri. Sekitar 30% harus diserahkan kepada pemerintah melalui kumiai penggilingan padi, sedangkan 30% lagi untuk penyediaan bibit dan disetorkan kepada lumbung desa. Banyaknya bahan pangan yang harus disetorkan disetiap daerah juga berbeda. Dari wacana tersebut dapat disimpulkan bahwa.... *
A. kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah Jepang didasarkan padaasas ekonomi perang
B. kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah Jepang didasarkan pada asas kekeluargaan
C. lembaga ekonomi pada masa pendudukan Jepang memberi pengaruh positif bagi rakyat Indonesia
D. kondisi ekonomi bngsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang lebih stabil dibanding masa kolonial Belanda
E. kesejahteraan pangan pada masa pendudukan Jepang lebih terjamin dibandingkan pada masa kolonial Belanda
Submit
Jawaban:
9. E. Mendirikan sekolah dan lembaga pengajaran informal hingga perdesaan
10. A. kebijakan ekonomi yang di terapkan pemerintah jepang didasarkan pada asas ekonomi perang
Maaf klo salah ~•~
Pengaruh positif dari cara pendidikan jepang adalah
Jawaban:
para siswa bisa beradaptaksi dengan lingkungan sekolah dengan baik dan bisa belajar dengan baik
Penjelasan:
ini adalah jawaban saya
maaf jika salah
11. Pada masa pemerintahan militer Jepang, ada dua daerah yang masuk koci (daerah istimewa), yakni...
A. Aceh dan Yogyakarta
B. Aceh dan Jakarta
C. Surakarta dan Aceh
D. Surakarta dan Yogyakarta
12. Taktik perjuangan yang dilaksanakan oleh para tokoh pergerakan nasional selama masa pendudukan Jepang adalah....
A. Kooperatif
B. Nonkooperatif
C. Moderat
D. Radikal
13. Jepang masuk ke Indonesia pada tahun....
A. 1940
B. 1941
C. 1942
D. 1943
E. 1945
14. Perjanjian penyerahan tanpa syarat dari Belanda ke Jepang adalah......
A. Kalijati
B. versailes
C. Bongaya
D. Giyanti
E. Nangking
15. Di bawah ini yang termasuk organisasi pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang yang bersifat militer adalah....
A. Seinendan
B. keibodan
C. Miai
D. Heiho
E. Putera
16. Penghormatan kepada dewa matahari dengan membungkukkan badan mengarah pada matahari terbit wajib dilakukan oleh bangsa Indonesia pada masa pendudukan jepang disebut.....
A. Shintoisme
B. Seikeirei
C. Kimigayo
D. Harakiri
E. Romusha
17. Taktik perjuangan yang dilaksanakan oleh para tokoh pergerakan nasional selama masa penduduka Jepang adalah...
A. kooperatif
B. nonkooperatif
C. moderat
D. radikal
E. sangat radikal
18. Akibat positif di bidang militer bagi bangsa Indonesia ketika diperintah Jepang adalah …
A. terlatih hidup sederhana
B. mengetahui cara berbaris
C. terlatih dalam bekerja
D. terlatih senam pagi
E. berpengalaman dalam taktik perang
19. Alasan Jepang membubarkan Gerakan Tiga A karena …
A. Gerakan Tiga A dipimpin orang Jepang
B. Gerakan Tiga A bagi bangsa Indonesia tidak bermanfaat
C. Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang
D. Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia
E. Gerakan Tiga A banyak ditentang oleh berbagai kelompok masyarakat
20. Jepang membentuk gerakan 3A dengan maksud …
A. membangun jiwa nasionalisme dikalangan pemuda
B. mengakui keberadaan orang Indonesia
C. memajukan wawasan bangsa Indonesia
D. mendidik bangsa Indonesia dalam berorganisasi
E. mendapatkan kepercayaan dari bangsa Indonesia
21. Pendudukan Jepang memicu berbagai perlawanan dari rakyat Indonesia. Salah satunya yang terjadi di Singaparna yang dipimpin oleh
A. KEIBODAN
B. Kaum Romusha
C. PETA
D. Teuku Hamid
E. K. H. Zaenal Mustafa
22. Dalam bidang pemerintahan, akibat yang ditimbulkan dari adanya pendudukan jepang di Indonesia adalah...
A. Dihapusnya negara boneka buatan Belanda
B. Kaisar memegang kendali utama di negeri Jajahan
C. Wilayah Indonesia di bawah kekuasaan militer
D. Diterapkannya sistem pemerintahan atas dasar Fasisme
E. Dibentuknya Jawa Hakokai
23. Salah satu gerakan bawah tanah yang berhasil menyadap siaran radio Sekutu adalah..
A. Amir Syarifudin
B. Ahmad Subardjo
C. Sutan Syahrir
D. Wikana
E. Sukarni
24. Tujuan para pemuda membawa Soekarno –Hatta ke Rengasdengklok adalah ...
A. Untuk musyawarah membahas proklamasi
B. Melantik Soekarno- Hatta sebagai tokoh proklamator
C. Memaksa Soekarno- Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan
D. Menjauhkan Soekarno- Hatta dari pengaruh Jepang
E. Menculik Soekarno-Hatta sebagai tawanan politik
25. Alasan para pemuda menolak ikut campur tangan PPKI dalam persiapan proklamasi adalah…
A. PPKI tidak siap melaksanakan proklamasi kemerdekaan
B. Keberadaan PPKI tidak diakui oleh masyarakat Indonesia
C. Tidak mau ada campur tangan Jepang dalam proklamasi kemerdekaan
D. Karena seluruh anggota PPKI adalah orang Jepang
E. PPKI sudah bubar
Jawaban:
11. D. Surakarta dan Yogyakarta
12. A. kooperatif
13. C. 1942
14. A. Kalijati
15. E. Putera
16. B. seikerei
17. A. kooperatif
18. E. berpengalaman dalam taktik perang
19. D. gerakan tiga A tidak disambut rakyat Indonesia
20. E. mendapatkan kepercayaan bangsa Indonesia
21. E. KH Zainal Mustafa
22. C. wilayah Indonesia dibawah kekuasaan militer
23. C. Sutan Syahrir
24. D. menjauhkan Soekarno Hatta dari pengaruh Jepang
25. C. tidak mau campur tangan Jepang dalam proklamasi kemerdekaan.
Penjelasan:
semuga membantu
pengaruh positif dari cara pendidikan jepang adalah...
a. para pemuda indonesia memiliki wawasan luas tentang pemerintahan
b. para pemuda dapat membuat senjata dan peralatan militer
c. rakyat indonesia mengetahui tentang budaya jepang
d. para pemuda terlatih dalam bidang kemiliteran
e. rakyat indonesia menjadi kaum yang berpendidikan
a maaf kalo salah, semoga bermanfaat
Pengaruh positif bagi bangsa Indonesia dari cara pendidikan masa pendudukan Jepang Adalah..
Jawaban:
Dampak positif dalam bidang pendidikan pada masa pendudukan Jepang antara lain ialah sebagai berikut ini : Dalam pendidikan diperkenalkannya sistem Nippon Sentris dan diperkenalkannya kegiatan upacara dalam sekolah.Pembukaan kembali sekolah-sekolah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa pengantar sekolah.
Penjelasan:
MAAF KALAU SALAH
JADIKAN JAWABAN TERBAIK YA ^_^
Komentar
Posting Komentar