Jelaskan Bagaimana Bunyi Postulat Bhor Dalam Menjelaskan Teorinya?

jelaskan bagaimana bunyi postulat bhor dalam menjelaskan teorinya?

Elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) tertentu.


Elektron yang beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi,
lintasan elektron ini disebut lintasan stasioner.

Apa yang dimaksud dengan postulat pada teori atom bohr

Postulat berasal dari bahasa Latin yaitu postulatum dan postulare yang artinya meminta dan menuntut. Istilah postulat biasanya digunakan untuk menunjukkan proposisi yang merupakan titik tolak pencarian yang bukan definisi atau pengandaiaan sementara.


Diawali dari pengamatan Niels Bohr terhadap spektrum atom, adanya spectrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya beredar pada lintasan-lintasan dengan energy tertentu. Dengan teori Mekanika Kuantum Planck, Bohr (1913) menyampaikan 2 postulat untuk menjelaskan kestabilan atom.


Dua Postulat Bohr :


1) Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang stasioner yang disebut orbit/kulit. Walaupun elektron bergerak cepat tetapi elektron tidak memancarkan atau menyerap energi sehingga energi elektron konstan. Hal ini berarti elektron yang berputar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti.


2) Elektron dapat berpindah dari kulit yang satu ke kulit yang lain dengan memancarkan atau menyerap energi. Energi yang dipancarkan atau diserap ketika elektron berpindah-pindah kulit disebut foton.


Energi yang dibawa foton ini bersifat diskrit (catu). Jika suatu atom menyerap energi, maka energi ini digunakan elektron untuk berpindah kulit dari tingkat energi rendah ke tingkat energi tinggi. Pada saat elektron kembali ke posisi semula akan dipancarkan energi dengan besar yang sama. Jadi, hanya elektron pada kulit tertentu dengan tingkat energi tertentu yang dapat bergerak, sehingga frekuensi cahaya yang ditimbulkan juga tertentu. Hal inilah yang digunakan untuk menjelaskan spektrum diskrit atom hidrogen.


Semoga dapat membantu ^^

Bantu aku untuk menjadi yang terbaik juga ya! ^^

jelaskan bagaimana bunyi postulat bohr dalam menjelaskan teorinya?

Teori atom Neils Bohr

Pembahasan

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Struktur~Atom}}}[/tex]  

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Perkembangan~Teori~Atom}}}[/tex]  

Molel atom saat ini terus mengalami perkembangan hal ini dikarenakan sejalan dengan perkembanagn ilmu pengetahuan dan semakin banyaknya eksperimen. Atom jika berdasarkan bahasa Yunani yaitu atomos. A memiliki arti tidak dan tomos memiliki arti dibagi.

Beberapa teori model atom yang ada adalah

• Model atom Dalton

• Model atom Rutherford

• Model atom Thomson

• Model atom Bohr

• Model atom Mekanika Kuantum

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Diket}}}[/tex]  

Model atom

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Ditanya}}}[/tex]  

Model atom Neils Bohr

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Jawab}}}[/tex]  

Teori Atom Neils Bohr

Niels Henrik David Bohr menyempurnakan teori atom sebelum – sebelumnya yang sudah ada, teori atom Bohr menjelaskan sebagai berikut :

1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom

2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.

3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.


Menurut Bohr, jumlah elektron maksimal yang dapat menempati setiap kulit atom dapat dihitung dengan rumus 2[tex]n^{2}[/tex].

Kulit K (n = 1) maksimum 2 . 12 = 2 elektron

Kulit L (n = 2) maksimum 2 . 22 = 8 elektron

Kulit M (n = 3) maksimum 2 . 32 = 18 elektron

Kulit N (n = 4) maksimum 2 . 42 = 32 elektron, dan seterusnya

Ada pun kelebihan dan kekurangan dari teori Bohr, kelebihan teori Bohr adalah dapat menyempurnakan teori sebelumnya salah satunya teori atom Rutherford dan dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen. Selain itu juga dapat menjelaskan elektron yang beredar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan dan energi. Jika ingin berpindah dari kulit yang lebih rendah ke lebih tinggi akan menyerap energi, sedangkan dari kulit lebih tinggi ke rendah akan melepaskan energi. Sedangkan kelemahan dari teori Bohr adalah hanya dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen tetapi untuk spektrum atom yang lebih kompleks/lebih besar/jumlah elektron lebih banyak Bohr tidak dapat menjelaskannya, ketika elektron mengelilingi inti atom dalam lintasan terbentu bentuk lintasan bukan lingkaran tetapi berbentuk elips, dan Bohr beranggapan elektron bukan hanya sebagai partikel tetapi sebagai partikel dan gelombang.


[tex]\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]  

 

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{Semoga~Membantu}}\boxed{\bigstar}[/tex]              

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{ionkovalen}}\boxed{\bigstar}[/tex]


[tex]\mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]  

Mapel : Kimia

Bab : Struktur Atom

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.2

Kata kunci : teori atom, model atom, neils bohr, bohr, kulit atom, lintasan atom

jelaskan bagaimana bunyi postulat bohr dalam menjelaskan teorinya?

Jelaskan bagaimana bunyi postulat Bohr dalam menjelaskan teorinya.

1) Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang stasioner yang disebut orbit/kulit. Walaupun elektron bergerak cepat tetapi elektron tidak memancarkan atau menyerap energi sehingga energi elektron konstan. Hal ini berarti elektron yang berputar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti.

2) Elektron dapat berpindah dari kulit yang satu ke kulit yang lain dengan memancarkan atau menyerap energi. Energi yang dipancarkan atau diserap ketika elektron berpindah-pindah kulit disebut foton

Jelaskan bagaimana bunyi Postulat Bohr dalam menjelaskan teorinya.

Jawaban:

Bunyi Dua Postulat Bohr dalam teori atomnya adalah bahwa elektron hanya beredar pada lintasan-lintasan dan energi tertentu

Penjelasan:

#semoga membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu