Pengambilan Keputusan Yang Lebih Menekankan Pada Ingatan Konsumen Tanpa Melakukan Evaluasi Alternatif Dikenal Dengan Istilah. A Habitual Decision Making D. Extended Decision Making B. Limited Decision Making E. Alternative Decision Making C. Favourite Decision Making​

Pengambilan keputusan yang lebih menekankan pada ingatan konsumen tanpa melakukan evaluasi alternatif dikenal dengan istilah. A habitual decision making D. extended decision making B. limited decision making E. alternative decision making C. favourite decision making​

Jawaban:

ereskskerkkrerm

Penjelasan:

esekskskks

Terangkan hubungan antara kelangkaan(scarcity) , pilihan(choice) , dan biaya peluang(opportunity)

ekonomi ada karena terjadinya kelangkaan alat pemuas kebutuhan yang tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan manusia,hal ini mengakibatkan terjadinya kelangkaan yang mengharuskan manusia untuk memilih alat pemuas kebutuhannya. dan ketika kita telah memilih sebuah pilihan itu maka akan ada biaya peluang yang telah kamu tinggalkan.

jelaskan 3 konsep ilmu ekonomi, kelangkaan (scarcity), pilihan (choise), dan pengambilan keputusan (decision making) dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Yang dimaksud dengan 3 konsep ilmu yang adalah kelangkaan (scarcity), pilihan (choice), dan pengambilan keputusan (decision making) adalah ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai penggunaan sumber daya yang bersifat langka (scarcity) yang digunakan untuk memilih (decision making) dari beberapa pilihan (choices) yang ada. Pada dasarnya, pembuatan keputusan akan pilihan yang ada berarti mengorbankan sebagian dari sumber daya terbatas yang kita miliki ini. Ketiga hal ini adalah unsur utama dari ilmu ekonomi.

Contoh konsep ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Budi memiliki uang yang terbatas (kelangkaan), dengan uang ini Budi bisa menghabiskan semuanya untuk sebuah smartphone atau kita bisa menabungnya (pilihan). Dengan membeli smartphone kita mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan namun dengan menabung kita akan memperoleh lebih banyak uang dikemudian hari karena ada bunga bank. Oleh karena itu, Budi memilih (pengambilan keputusan) untuk menabungkan uangnya saja dan mengorbankan kebahagiaan dan kepuasan yang bisa didapat Budi dengan membeli smartphone.
  • Iwan memiliki sejumlah uang (kelangkaan), Iwan bisa menghabiskan uangnya untuk sebuah sepeda motor atau sebuah sepeda untuk alat transportasi (pilihan). Iwan berfikir bahwa Ia bisa mengambil pekerjaan sampingan dengan menjadi ojek online apabila Ia memilih untuk membeli sepeda motor sedangkan dengan membeli sepeda Ia hanya mendapatkan alat transportasi. Oleh karena itu, Iwan membeli sepeda motor dengan seluruh uangnya karena bisa menghasilkan uang dari sepeda motornya itu (pengambilan keputusan)

Pembahasan

Pada dasarnya, ilmu ekonomi akan selalu berhubungan dengan penggunaan sumber daya yang terbatas untuk memilih dari pilihan yang ada. Semua transaksi atau kegiatan ekonomi memiliki pengorbanan, baik secara material ataupun emosional. Apabila kita melihat dari sisi produsen pun, konsep ini masih terpakai dimana kita hanya memiliki sejumlah uang atau modal untuk memproduksi sebuah barang namun harus membayar karyawan atau kita membayar perusahaan pihak ketiga untuk memproduksi tanpa harus membayar karyawan.

Oleh karena itu, dengan mempelajari ilmu ekonomi kita akan menjadi lebih peka akan setiap pembuatan keputusan kita dengan menggunakan sumber daya yang langka ini untuk menciptakan sebuah keputusan yang efisien.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manfaat ilmu ekonomi

https://brainly.co.id/tugas/304692

Materi tentang opportunity cost

https://brainly.co.id/tugas/17828675

Materi tentang jenis kegiatan ekonomi

https://brainly.co.id/tugas/15868438

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 - Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode: 10.12.1

#AyoBelajar

Bagaimana Anda menjelaskan keterkaitan antara kelangkaan (scarcity), pilihan (choice), biaya imbangan (Oportunity cost ) dan spesialisasi sehingga dikatakan sebagai persoalan dasar dalam perekonomian

Jawaban:

1. Kelangkaan adalah merupakan kondisi di mana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan demikian kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

2. Pilihan adalah situasi yang terjadi karena adanya kelangkaan, menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah dibuat. Pilihan-pilihan tersebut meliputi pilihan dalam mengonsumsi dan pilihan dalam memproduksi. Tujuannya adalah agar sumber-sumber daya ekonomi yang tersedia digunakan secara efisien dan dapat mewujudkan kepuasan yang paling maksimal pada individu dan masyarakat.

3. Biaya alternatif atau biaya peluang adalah biaya yang muncul ketika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan dan dia harus memilih salah satunya. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena memilih alternatif kegiatan.

semoga membantu :)



Apa itu Kelangkaan/Scarcity?

kelangkaan yaitu menurunnya jumlah ekosistem di muka bumi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Yang Membayar Hasil Bumi Dari Rakyat Maluku Lebih Tinggi Dari Belanda Sehingga Rakyat Maluku Tidak Merasa Tertekan Adalah

1. Pemilihan Teknologi Bukan Mengimplementasikan Temuan – Temuan Terbaru Atau Inovasi –

Efek Sound Tepuk Tangan Ditunjukkan Dengan Pilihan Menu